Pages

Senin, 30 Mei 2011

Empat Komponen Cinta: Syarat Bertahannya Hubungan Cinta

Bagaimana, sih, agar sebuah hubungan cinta bisa langgeng? Sebuah pertanyaan yang menarik. Cinta memang isu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Kehadiran cinta atau orang yang dicintai dapat memberikan kebahagiaan yang begitu kompleksnya, kadang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Bahkan, Simposium Plato pernah membahas masalah ini, membuktikan kalau para pemikir terhebat dunia pun penasaran akan jawaban pertanyaan di atas. Jadi, mungkin tidak salah kalau saya mengatakan bahwa pertanyaan di atas adalah pertanyaan paling penting bagi hidup sebagian besar orang.
Penelitian psikologi pun sudah banyak dilakukan untuk membahas masalah cinta. Teori yang paling populer saat ini adalah Tiga Komponen Cinta yang ditemukan oleh Sternberg pada tahun 1986. Menurut Sternberg, langgengnya cinta paling terjamin jika ketiga komponen cinta ada dalam jumlah yang besar dalam hubungan sepasang kekasih. Tapi, perlu diingan bahwa hubungan cinta tetap dapat berjalan bahkan jika hanya ada satu dari tiga komponen tersebut. Maka bisa disimpulkan kalau kita menginginkan sebuah hubungan cinta yang dapat bertahan, sebisa mungkin kita memiliki sebanyak-banyaknya komponen cinta, walau pun sulit sekali mencapai kesempurnaan.
Kita akan membahas komponen-komponen cinta tersebut. Tapi, pada artikel ini bukannya tiga, akan ada empat komponen cinta yang dibahas. Hal ini dikarenakan pada tahun 1996, Yela berhasil mengembangkan teori Segitiga Cinta Sternberg. Yela memecah komponen cinta passion menjadi dua, yaitu, erotic passion dan romantic passion.
Tanpa berlama-lama lagi, inilah keempat komponen cinta tersebut:
Erotic Passion
Erotic passion adalah ketertarikan secara fisik, baik secara general mau pun seksual. Ketertarikan secara fisik biasanya adalah hal pertama yang berkembang dalam hubungan cinta.
Ketertarikan fisik secara general maksudnya adalah kesukaan seseorang pada ciri fisik pasangannya (atau calon pasangannya) yang tidak berhubungan langsung dengan hasrat seksual. Contoh dari ketertarikan secara general adalah kesukaan seseorang pada senyum, potongan rambut yang dipilih pacarnya, atau bahasa tubuh dari pacarnya.
Sedangkan ketertarikan fisik secara seksual lebih bersifat getaran yang dirasakan pada saat terjadi kontak fisik. Getaran ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari hal-hal kecil seperti berpegangan tangan sampai yang sudah menjurus ke hubungan seksual seperti berciuman.
Bagi Anda yang merasa tidak cantik atau ganteng, jangan minder dulu. Ketertarikan seseorang pada ciri fisik orang lain tidak hanya pada karakteristik yang secara umum dianggap sebagai kecantikan atau ketampanan. Seseorang bisa saja tertarik pada karakteristik fisik yang berhubungan dengan pengalamannya di masa lalu. Misalnya, seorang wanita mencari pria dengan rambut keriting karena mengingatkannya dengan ayahnya. Atau, seorang pria mencari wanita dengan pipi gembil karena menurutnya itu menggemaskan.
Kenapa ketertarikan secara fisik itu penting? Sebelum seseorang mengenal pasangannya dengan lebih dalam, ia memerlukan sesuatu untuk tetap membuatnya tertarik pada pasangan. Tentu, hal yang paling terlihat adalah karakteristik fisik. Lagipula, seks merupakan suatu komponen yang cukup penting dalam suatu hubungan. Jika suatu hari nanti pasangan melakukan hubungan seksual, tentu mereka ingin melakukannya dengan seseorang yang indah menurut pandangan mereka.
Masalah yang biasanya terjadi pada komponen cinta ini adalah perbedaan pandangan antara pria dan wanita mengenai kontak fisik dan cinta. Wanita biasanya mengira bahwa kontak fisik adalah bukti besarnya kecintaan antara ia dan pasangannya. Sedangkan bagi pria, kontak fisik tidak selalu berhubungan dengan cinta (kadang sebagai pemuas dorongan saja). Yang kemudian terjadi adalah si wanita menuntut banyak hal dari hubungan cintanya dengan pasangan karena sudah membiarkan si pria melakukan kontak fisik yang berat (misalnya, hubungan badan). Sementara si pria menganggap bahwa kontak fisik tersebut sekedar pemuas kebutuhan seksual mereka berdua. Solusi untuk masalah ini adalah komunikasi antar pasangan.
Romantic Passion
Romantic passion adalah keinginan untuk mencintai pasangan dan kebutuhan secara psikologis terhadap pasangan. Romantic passion adalah perasaan senang yang muncul saat seseorang sedang bersama dengan pasangannya walau tidak melakukan apa pun. Romantic passion juga adalah kebutuhan untuk diperlakukan secara romantis oleh pasangan. Romantic passion adalah komponen cinta yang berkembang setelah erotic passion mulai berkembang.
Kenapa romantic passion penting? Romantic passion adalah bukti bahwa hubungan cinta tidak sebatas ketertarikan secara seksual. Kita merasa bahwa kekasih kita dapat menjadi teman dalam menghadapi hidup. Dengan hadirnya romantic passion, kita merasa bahwa pasangan mengerti apa yang dapat membuat kita bahagia. Karena merasa pasangan adalah seorang teman yang sangat dekat dengan kita serta orang yang dapat membuat kita bahagia, maka kebutuhan diri terhadap pasangan pun meningkat. Hal ini menyebabkan hubungan cinta menjadi lebih langgeng.
Laki-laki sering disebut sebagai jenis kelamin yang tidak romantis dan cenderung cuek. Ini biasanya yang menjadi masalah pada komponen ini. Laki-laki kadang tidak menyadari bahwa hal-hal sepele mempunyai nilai romantis bagi wanita. Misalnya, perhatian yang diminta wanita bukan karena si wanita tidak dapat menjaga dirinya sendiri, tetapi karena si wanita merasa bahwa diperhatikan pasangannya sebagai sesuatu yang manis.
Lagi-lagi, sebetulnya komunikasi adalah solusi dari masalah ini. Pria juga bisa mencoba mencari tahu apa saja yang dianggap sebagai hal yang dianggap romantis oleh pasangannya (romantic expectations) dan memberikannya pada saat-saat yang tepat.
Intimacy
Intimacy dapat diterjemahkan sebagai kedekatan pada pasangan dalam bentuk komunikasi, dukungan, saling mengerti, rasa percaya, keterbukaan dan rasa nyaman terhadap pasangan. Kedekatan biasanya tumbuh seiring berjalannya waktu jika pasangan bersedia untuk membuka diri masing-masing. Hal lain yang dapat menumbuhkan kedekatan adalah momen-momen khusus yang dijalani bersama pasangan, yang biasanya dikenang sebagai simbol-simbol hubungan seperti lagu bersama, tempat favorit bersama, kenangan bersama, dan lain-lain.
Kenapa intimacy itu penting? Salah satu bentuk dari intimacy, yaitu komunikasi adalah solusi untuk masalah-masalah yang terjadi pada erotic passion dan romantic passion. Rasa percaya adalah solusi untuk masalah pada komponen cinta keempat. Jadi, intimacy punya andil besar dalam memecahkan masalah-masalah dalam hubungan cinta.
Masalah yang terjadi di komponen intimacy biasanya terjadi saat salah satu pasangan tidak terlalu tertarik untuk mengenal pasangannya, atau sebaliknya jika terlalu memaksa pasangan membuka dirinya. Untuk mengembangkan intimacy, pasangan tidak boleh terlalu masa bodoh atau terlalu menuntut.
Commitment
Commitment adalah keputusan untuk mempertahankan hubungan walau pun terjadi masalah. Dimensi ini tumbuh saat pasangan mulai saling bergantung satu sama lain.
Kenapa commitment itu penting? Tentu tanpa commitment yang jelas, hubungan cinta akan mudah terputus.
Tentu masalah utama dari dimensi ini adalah ketidaksetiaan, baik karena tidak puas dengan hubungan atau karena ada laki-laki atau wanita lain yang menawarkan hubungan cinta lainnya. Cara untuk menjaga komitmen adalah tidak hanya memikirkan apa yang didapat dari pasangan, tapi juga apa yang bisa diberikan kepada pasangan. Selain itu, selalu berusaha untuk meningkatkan hal-hal yang disukai pasangan agar ia tidak mencarinya dari laki-laki atau wanita lain.
Jadi, bagaimana cara agar hubungan bisa langgeng?
Dari segi erotic passion, carilah pasangan yang secara fisik kita sukai serta cari tahu apa karakteristik fisik kita yang disukai oleh pasangan dan cobalah untuk mempertahankannya. Dari segi romantic passion, perlakukan pasangan dengan perilaku-perilaku yang bisa menyenangkannya. Dari segi intimacy, cobalah untuk sedikit demi sedikit membuka diri dan mengajak pasangan menceritakan hal-hal tentang dirinya. Dari segi commitment, tetapkan kesetiaan pada satu orang dan jangan mencari pasangan yang terkenal suka gonta-ganti pacar.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More